PBL BERBANTUAN MEDIA PADUDI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 236 PALEMBANG

Authors

  • Maya Guita Mawar Universitas PGRI Palembang
  • Masagus Firdaus Universitas PGRI Palembang
  • Yunika Lestaria Ningsih Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.32502/differential.v3i1.928

Keywords:

Problem Based Learning, Padudi, penyajian data

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Padudi (Papan dadu diagram batang) terhadap hasil belajar siswa pada materi penyajian data di SD Negeri 236 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang berbentuk posttest only control group design.  Populasi penelitian seluruh siswa kelas IV SD Negeri 236 Palembang, Sampel penelitian adalah kelas IV. B yang berjumlah 22 siswa dan kelas IV.C yang berjumlah 25 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis. Data dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan rata-rata hasil posttes kelas eksperimen adalah 86.14 dan hasil posttes kelas kontrol adalah 69.20. Hasil hipotesis yang didapat dari uji independent t-test (uji-t) bahwa diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,025, maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media papan dadu diagram batang (Padudi) terhadap hasil belajar materi penyajian data di SD Negeri 236 Palembang.

References

Abduloh, Suntoko, Purbangkara, T., & Abikusna, A. (2022). Peningkatan dan Pengembangan Prestasi Belajar Peserta Didik. Uwais Inspirasi Indonesia.

Azzahra, D. M., Yusepa, B. P. G., & Rahman, T. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMA Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Canva. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 8(1), 146-158. https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1.9385

Choir, S. M. & Reffiane, F. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, 5(1), 271-277. https://doi.org/10.51874/jips.v5i1.220

Faradilla, A., Zainil, M., & Sumiati, C. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Penyajian Data Menggunakan Model Project Based Learning (PJBL) di Kelas IV SD Negeri 20 Indarung Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3255-3267. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1380

Herminingsih, H., Nurdin, N., & Saguni, F. (2022, 3 Agustus). Pengaruh YouTube Sebagai Media Pembelajaran dalam Perkembangan Kognitif, Afektif dan Psikomotor Siswa. Prosiding Kajian Islam dan Integrasi Ilmu di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0), 1(1), 79-84.

Isrokatun, I., Hanifah, N., Maulana, M., & Suhaebar, I. (2020). Pembelajaran Matematika dan Sains Secara Integratif Melalui Situation Based Learning. UPI Sumedang Press.

Komariyah, N. S. L. D. P. & Pramesti, S. L. D. (2021). Pengaruh Media PADI (Papan Diagram) Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V. Dalam Prosiding Seminar Nasional Tadris Matematika (SANTIKA) (hlm. 706-726).

Kurniawan, T., Hanifah, H., Susanto, E., & Utari, T. (2022). Analisis Soal Buku Teks Matematika Kelas VII Edisi Revisi 2017 pada Materi Penyajian Data Terbitan Kemendikbud Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(1), 97-107. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.1.97-107

Saraswati, P. M. S. & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257-269. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336

Pratikno, A. S., Prastiwi, A. A., & Ramahwati, S. (2020). Penyajian Data, Variasi Data, dan Jenis Data (OSF Preprints, hlm. 1-10). OSF. https://doi.org/10.31219/osf.io/v3n9h

Puspitasari, L. & Soraya, L. (2023). Pengaruh Model PBL Berbantuan Papan Diagram Batang Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas IV. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 1(2), 175-182. https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i2.26

Rahmadani, A., Ariyanto, A., Rohmah, N. N. S., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Model Problem Based Learning Berbasis Media Permainan Monopoli dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 127-141. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i1.1415

Ramdani, P. (2021). Media Pembelajaran Animasi (Edisi ke 1). Farha Pustaka.

Yunirani, S., Roshayanti, F., Afriningsih, Y., & Prima, F. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media PADUDI Terhadap Hasil Belajar Kognitif Materi Analisis Data dan Peluang pada Siswa Kelas VA SDN Mlatiharjo 01 Semarang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 16496-16507.

Zakiyah, N. & Reffiane, F. (2024). Peningkatan Keterampilan Kerjasama dan Hasil Belajar melalui Model Problem Based Learning dengan Media Bunga Pecahan pada Siswa Kelas IV SDN Pedurungan Kidul 01 Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 12453-12463. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.14286

Downloads

Published

2025-06-26