PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA PEMECAHAN MASALAH TRIGONOMETRI BERBANTUKAN GEOGEBRA UNTUK SISWA SMA

Authors

  • Landu Paranggi Cipta Putri Universitas Sjakhyakirti Palembang
  • Andinasari Andinasari Universitas Sjakhyakirti Palembang
  • Rahma Siska Utari 3Universitas Sjakhyakirti Palembang

DOI:

https://doi.org/10.32502/differential.v1i1.97

Keywords:

STAD, GeoGebra, pemecahan masalah

Abstract

Pemecahan masalah materi trigonometri cenderung dianggap rumit dan sulit oleh sebagian siswa karena dalam penyelesaiannya memerlukan pemahaman yang tepat. Di samping itu, pembelajaran matematika di banyak sekolah masih menggunakan cara yang cenderung konvensional. Sehingga perlu diterapkan model pembelajaran yang cocok dan dibantu aplikasi pembelajaran matematika yang sesuai untuk dapat memecahkan masalah materi trigonometri tersebut. Penelitian ini dilakukan selama 3 kali pertemuan dengan sampel penelitian sebanyak 30 siswa kelas X IPA 2 SMA Sjahkyakirti Palembang untuk memperoleh data mengenai hasil belajar, keaktifan siswa, serta motivasi belajar siswa pada materi trigonometri berbantukan aplikasi GeoGebra dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan data berupa hasil belajar, aktivitas, dan motivasi belajar disajikan dalam bentuk kuantitatif, sedangkan data wawancara disajikan dalam bentuk  kualitatif. Dari hasil penelitian ini diperoleh data persentase hasil belajar siswa yaitu 20% siswa dikategorikan sangat baik, 66,7% dikategorikan baik dan 13,3% siswa dikategorikan cukup. Dari data tersebut diketahui bahwa penelitian pembelajaran trigonometri dengan berbantukan aplikasi GeoGebra dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat dikatakan mencapai hasil ketuntasan yang diharapkan.

Author Biography

Landu Paranggi Cipta Putri, Universitas Sjakhyakirti Palembang

Pemecahan masalah materi trigonometri cenderung dianggap rumit dan sulit oleh sebagian siswa karena dalam penyelesaiannya memerlukan pemahaman yang tepat. Di samping itu, pembelajaran matematika di banyak sekolah masih menggunakan cara yang cenderung konvensional. Sehingga perlu diterapkan model pembelajaran yang cocok dan dibantu aplikasi pembelajaran matematika yang sesuai untuk dapat memecahkan masalah materi trigonometri tersebut. Penelitian ini dilakukan selama 3 kali pertemuan dengan sampel penelitian sebanyak 30 siswa kelas X IPA 2 SMA Sjahkyakirti Palembang untuk memperoleh data mengenai hasil belajar, keaktifan siswa, serta motivasi belajar siswa pada materi trigonometri berbantukan aplikasi GeoGebra dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan data berupa hasil belajar, aktivitas, dan motivasi belajar disajikan dalam bentuk kuantitatif, sedangkan data wawancara disajikan dalam bentuk  kualitatif. Dari hasil penelitian ini diperoleh data persentase hasil belajar siswa yaitu 20% siswa dikategorikan sangat baik, 66,7% dikategorikan baik dan 13,3% siswa dikategorikan cukup. Dari data tersebut diketahui bahwa penelitian pembelajaran trigonometri dengan berbantukan aplikasi GeoGebra dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat dikatakan mencapai hasil ketuntasan yang diharapkan.

References

Andarwati, D. & Hernawati, K. (2013). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Penemuan Terbimbing Berbantuan Geogebra untuk Membelajarkan Topik Trigonometri pada Siswa Kelas X SMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 166-174.

Batubara, Hamdan Husein. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Siswa SD/MI. Muallimuna Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12-27.

Darwis, Muhammad. (2020). Pendidikan Matematika di Era Revolusi Industri 4.0. Aksioma, 9(1), 1-12.

Dewi, A. S., Isnani, & Ahmadi. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD Berbantuan Media Pembelajaran Terhadap Sikap dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JIPMat : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 7-11.

Jatisunda, M. G. & Nahdi, D. S. (2019). Kesulitan Siswa dalam Memahami Konsep Trigonometri Dilihat dari Learning Obstacles. Jurnal Didactical Mathematics, 2(1), 9-16.

Jupri, A., Drijvers, P., & Heuvel-Panhuizen, M. v. (2015). Improving Grade 7 Students’ Achievement in Initial Algebra Through a Technology-Based Intervention. Digital Experiences in Mathematics Education,1(1), 28-58.

Jupri, Al. (2018). Peran Teknologi dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, UIN Raden Intan Lampung, 1(2), 303-314.

Listyati, Dwi Ari. (2019). Penerapan Metode STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Wuny, 1(2).

Masyhud, M. S. & Tasnim, Z. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. LPMPK Universitas Jember.

Maulidi, Ahmad. (2022). Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika dengan Alat Peraga Gelas Variabel bagi Siswa SMPN 3 Kayangan. Jurnal Paedagogy : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 9(1), 45-54.

Mensah, Farouq Sessah. (2017). Ghanaian Senior High School Students’ Error in Learning of Trigonometry. International Journal of Environmental & Science Education, 12(8), 1709-1717.

Muhsin, M. I. & Sujatmiko, B. (2020). Studi Literatur Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Web dengan Metode Student Team Achievement Division (STAD). Jurnal IT-EDU, 5(1), 217-226.

Murtiyasa, Budi. (2012). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Surakarta, 1-19.

Novianti, V. & Riajanto, M. L. E. J. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Materi Trigonometri. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 161-168.

Nurfatanah, Rusmono, & Nurjannah. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, 546-551.

Nursyahidah, F., Saputro, B. A., & Prayitno, M. (2016). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Belajar Garis dan Sudut dengan Geogebra. Suska Journal Of Mathematics Education, 2(1), 13-19.

Octavia, Risnawiyati. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Pecahan Matematika Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 6(2), 2904-2911.

Putrawangsa, S. & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Era Industri 4.0. Tatsqif : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 16(1), 42-54.

Riduwan. (2015). Dasar-dasar Statistika. Alfabeta.

Sarac, A. & Tutak, F. A. (2017). The Relationship between Teacher Efficacy, and Students’ Trigonometry Self-Efficacy and Achievement. International Journal for Mathematics Teaching and Learning, 18(1), 66-83.

Savitri, Fivien Nur. (2018, September 29). Menteri Keuangan RI : Matematika Diperlukan dalam Mengelola Ekonomi Negara. Institut Teknologi Bandung. https://www.itb.ac.id/berita/detail/56821/menteri-keuangan-ri-matematika-diperlukan-dalam-mengelola-ekonomi-negara.

Siagian, Muhammad Daut. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58-67.

Slavin, Robert E. (2015). Cooperative Learning. Nusa Media.

Sulistiani, E. & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, 605-612.

Syahbana, Ali. (2015). Trigonometri Dasar. Deepublish.

Syahbana, Ali. (2016). Belajar Menguasai GeoGebra (Program Aplikasi Pembelajaran Matematika). NoerFikri Offset.

Wahyudi, Suyitno, H., & Waluyo, S. B. (2018). Dampak Perubahan Paradigma Baru Matematika Terhadap Kurikulum dan Pembelajaran Matematika di Indonesia. INOPENDAS Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 38-47.

Yantik, F., Suttrisno, & Wiryanto. (2022). Desain Media Pembelajaran Flash Card Math dengan Strategi Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3420-3427.

Downloads

Published

2024-03-04