PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING PADA PEMBELAJARAN MATERI PYTHAGORAS

Authors

  • Syaifuddin Syaifuddin Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Luvi Antari Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Rohman Rohman Universitas Sjakhyakirti Palembang
  • Juriah Juriah Universitas Sjakhyakirti Palembang

DOI:

https://doi.org/10.32502/differential.v1i1.99

Keywords:

phytagoras, problem posing, hasil belajar

Abstract

Matematika memainkan peran penting dalam dunia pendidikan. Namun, seringkali pembelajaran matematika di sekolah menghadapi kendala, terutama dalam pemahaman Pola Bilangan. Pandangan siswa yang menganggap matematika sulit berdampak negatif pada hasil belajar mereka. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk menciptakan suasana belajar yang baik dengan menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang efektif adalah problem posing, siswa menjadi aktif dan dapat meningkatkan pemahaman mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model problem posing terhadap hasil belajar matematika pada materi Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 20 Palembang. Kelas VIII.2 sebagai kelompok eksperimen yang menerapkan model problem posing, sementara kelas VIII.1 menjadi kelompok kontrol dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori. Data diuji dengan menggunakan uji-t. Analisis data menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem posing memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 20 Palembang

References

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Unissula Press.

Antari, L., Muslimin, & Rohman. (2021). Perancangan Prototype Bahan Ajar Tema Jembatan Ampera dan Sungai Musi Materi Pembagian Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 5(2), 174-182.

Arianti, N. M., Wiarta, I. W., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 385-393.

Febrilia, B. R. A. & Patahuddin, S. M. (2019). Investigasi Tingkat Keterlibatan Matematika Siswa Melalui Analisis Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran ELPSA dan Implementasinya di Kelas. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 55-72.

Hidayat, A., Fattah, H., & Kusumawati, N. I. (2021). Studi Eksperimen Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pola Bilangan. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2), 180-188.

Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Husniah, N. & Saefurohman, A. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Mengubah Bentuk Pecahan. Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 8(2), 205–220.

Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21-32.

Kaur, A. & Rosli, R. (2021). Problem Posing in Mathematics Education Research: A Systematic Review. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 10(1), 438- 456.

Kholil, M. & Safianti, O. (2019). Efektivitas Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Barisan dan Deret. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 89-98.

Lisa. (2022). Inovasi Pembelajaran Matematika SD/MI dengan Pendekatan Matematika Realistik. Genderang Asa : Journal of Primary Education, 3(1), 44-63.

Maduratna, T. P. & Setyawan, A. (2020). Analisis Faktor Pengaruh Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN Banyuajuh 6 Kamal. Prosiding Nasional Pendidikan LPPM IKIP PGRI Bojonegero, 1(1), 349-354.

Nur'aeni, I. & Mupid, H. (2021). Pentingnya Menanamkan Pendidikan Nilai di Indonesia dalam Membentuk Karakter. Jurnal Edueksos, X(2), 195-220.

Nursatria. (2021). Pembuktian Pythagoras ala Einstein. https://nursatria.com/2021/

/22/pembuktian-pythagoras-ala-einstein/

Rahman, Arief Aulia. (2018). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Syiah Kuala University Press.

Rifai, M. & Prihatnani, E. (2020). Pengembangan Media Puzzle untuk Pembuktian Teorema Pythagoras. Delta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 41-60.

Sari, M. Y. & Prihatnani, E. (2021). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dari Penerapan Problem Solving dan Problem Posing pada Siswa SMA. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 471-482.

Sari, N. I. P., Subanji, & Hidayanto, E. (2018). Diagnosis Kesalahan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Malah Pola Bilangan. JKPM, Junal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(2), 64-69.

Sumardyono. (2012). Pembuktian Teorema Pythagoras dari Euclid. https://p4tkmatematika.org/file/ARTIKEL/Artikel%20Matematika/Bukti%20Teo%20Pyth%20Euclid_revisi%20terbaru.pdf

Suryadi, Didi. (tanpa tahun). Menemukan Dalil Pythagoras. http://file.upi.edu/

Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._MATEMATIKA/195802011984031-DIDI_SURYADI/DIDI-23.pdf

Wagner, Donald B. (2004). A proof of the Pythagorean Theorem by Liu Hui. http://donwagner.dk/Pythagoras/Pythagoras.html

Wulansari, Sefti. (2014). 25 Macam Pembuktian Teorema Pythagoras.

https://seftinewulansari.blogspot.com/2014/01/25-macam-pembuktian-teorema-pythagoras.html

Downloads

Published

2024-03-04