PENGGUNAAN MEDIA VOKUSA DALAM PEMBELAJARAN VOLUME KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS LIMA SD
DOI:
https://doi.org/10.32502/differential.v1i2.109Keywords:
media vokusa, volume, sekolah dasarAbstract
Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar sangat dianjurkan terlebih lagi dalam kemampuan spasial, salah satunya dengan memanfaatkan media pembelajaran Vokusa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Vokusa terhadap hasil belajar siswa pada materi volume kubus dan balok di kelas lima SD Negeri Sumberejo Winongan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas lima SD Negeri Sumberejo Winongan sejumlah 22 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kerja siswa individu dan kelompok. Lembar kerja tersebut dianalisis secara deskriptif dan dihitung rata-rata hasilnya. Hasil penelitian menunjukkan, penggunaan media Vokusa mampu meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 33%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Vokusa dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi volume kubus dan balok.
References
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313-5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636
Anwar & Usa, S. La. (2020). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Kubus Satuan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pokok Bahasan Volume Kubus dan Balok Kelas V SD. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6, 43-48.
Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063-1073.
Ikhtiarini, R. U., Utomo, S. W., Sulistyowati, N. W., & Timur, J. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa pada Materi Akuntansi Dasar. Tangible : Jurnal Akutansi Multiparadigma, 6(1), 102-110.
Mahmud, M. R. & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69-88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88
Meylinda, D. & Surya, E. (2017). Kemampuan Koneksi dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-12.
Ninawati, M., & Wahyuni, N. (2022). Pengaruh Model Artikulasi Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Rendah. Jurnal Educatio, 8(3), 893-898. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2433
Nurfadhillah, S., Marcelino, R., Hasanah, C., Hukmah, F., & Lestari, N. A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Berpenyebut Sama pada Kelas 3 SDIT Asdu. Pensa : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 200-212.
Nurhikmayati, I. (2017). Kesulitan Siswa Berpikir Abstrak Matematika dalam Pembelajaran Problem Posing Berkelompok. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 159-176.
Perdana, R. & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9-15.
Pinatih, K. A. M. P. & Wiarta, I. W. (2022). Media Pembelajaran Cerita Bergambar Berbasis Problem Solving pada Materi Volume Kubus dan Balok Muatan Pelajaran Matematika Kelas V. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 759-768.
Rachmantika, A. R. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 439-443.
Rahayu, S. & Hidayati, W. N. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Bangun Ruang dan Bangun Datar pada Siswa Kelas V SDN Jomin Barat I Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(2), 204-215.
Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Varidka, 33(1), 54-62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993
Rusydi, A., Yani, I., & Sagita, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa kelas VI SD pada Materi Volume Kubus dan Balok Menggunakan Alat Peraga Vokuba. Jurnal Pelangi, 8(1), 24-33.
Sunaengsih, C. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Mutu Pembelajaran pada Sekolah Dasar Terakreditasi A. Mimbar Sekolah Dasar, 3(2), 183-190. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i2.4259
Taher, R. & Desyandri. (2022). Analisis Media Berbasis Digital dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 11464-11468.
Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2).
Wulandari, A. N. & Jember, U. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Numerasi Kelas V Di SDN Pujer Baru. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bakti Indonesia Banyuwangi, 2(1), 18-17.
Zega, Y. K. (2022). Peran Guru PAK Memanfaatkan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik. Jurnal Apokalupsis, 13(1), 70-92.