KESALAHAN SISWA SD DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATERI FPB DAN KPK BERDASARKAN TAHAPAN POLYA

Authors

  • Devi Yulianti Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Rusdy A Siroj Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Amrina Rizta Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Ummu Na'imah Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.32502/differential.v1i2.111

Keywords:

kesalahan, pemecahan masalah, FPB, KPK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi FPB dan KPK berdasarkan tahapan Polya di kelas V SD di Kelurahan Plaju Ulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif. Subjek yang diambil dalam penelitian ini yaitu siswa kelas Vc SD Negeri 222 Palembang, kelas Vc SD Negeri 224 Palembang, dan kelas VA SD IT Salsabila Palembang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal bentuk uraian yang terdiri dari 6 soal mengenai pemecahan masalah materi FPB dan KPK dengan 3 submateri yaitu Faktor Bilangan, FPB, dan KPK. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil dari analisis menyatakan seluruh kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi FPB dan KPK berdasarkan tahapan Polya di kelas V SD dikategorikan sangat tinggi dengan persentase 81,40%. Pada tahap kesalahan memahami masalah yaitu sebesar 87,57% dengan kategori sangat tinggi, pada tahap menyusun rencana yaitu 73,91% dengan kategori tinggi, kemudian kesalahan pada tahap melaksanakan rencana yaitu 66,85% dengan kategori tinggi, dan kesalahan pada tahap memeriksa kembali yaitu 97,27% dengan kategori sangat tinggi.

References

Anggraini, H., Sofiyan, & Putra, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi FPB dan KPK di SD Negeri 02 Langsa. Jurnal of Basic Education Studies, II(1), 132-142.

Ariyunita, N., Sutama, & Khotimah, R. P. (2012). Analisis Kesalahan dalam Penyelesaian Soal Operasi Bilangan Pecahan (Penelitian pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Karanggede). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dinas Pendidikan Kota Palembang. (2021).

Fauziah, M. & Amaliyah, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Dakota terhadap Hasil Belajar Siswa. JPE: Journal of Primary Education, 1(1), 34-41.

Hidayah, S. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, 184-185.

Khairiayah, U. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Sistem Remote Lab untuk Praktikum Otomasi Industri. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 5(2), 197-204.

Meilani, M. & Maspupah, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah SD pada Materi KPK dan FPB. Jurnal on Education, 2(1).

Polya, G. (1973). How to Solve It: a New Aspect of Mathematical Method (2nd ed.). America: Stanford University.

Priyanto, A. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Berdasarkan Kategori Kesalahan Newman di Kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1-5.

Rohayatun. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pendidikan Matematika Realistik pada Konsep FPB dan KPK. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah.

Ruqoyyah, S. (2021). Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Cirebon: CV. DUTRIMRDIA INDONESIA.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: KENCANA, Prenada Media Group.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryani, A., Maulans, & Julia. (2016). Pengaruh Pendekatan Course Review Horay (CRH) Terhadap Pemahaman Matematis dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat . Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 81-90.

Unaenah, E., Ragin, G., Annisa, M. N., & Ishaq, A. R. (2020). Analisis Pembelajaran FPB dan KPK dengan Model Pohon Faktor dan Tabel Kelas IV Sekolah Dasar. PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1),75-86.

Yonanda, D. A., Kurino, Y. D., & Rahmayanti, N. (2021). Penggunaan Media Papan Musi (Multifungsi) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika. Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNMA, 118-122. Majalengka: FKIP UNMA.

Downloads

Published

2024-03-12