STUDI KORELASIONAL PEMAHAMAN OPERASI BILANGAN BULAT DAN BENTUK ALJABAR TERHADAP PEMAHAMAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL
DOI:
https://doi.org/10.32502/differential.v3i2.1227Keywords:
bentuk aljabar, PLSV, bilangan bulatAbstract
Penelitian ini berupa penelitian korelasi untuk mengetahui hubungan pemahaman operasi bilangan bulat dan bentuk aljabar terhadap pemahaman persamaan linear satu variabel. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasi dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ialah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Palembang tahun ajaran 2025/2026. Sampel diambil menggunakan teknik probability sampling jenis simple random sampling, sehingga diperoleh sampel siswa kelas VIII.3 dan VIII.6 SMP Negeri 16 Palembang. Data dianalisis menggunakan uji korelasi. Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman operasi bilangan bulat terhadap pemahaman persamaan linear satu variabel di kelas VIII SMP Negeri 16 Palembang, (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman bentuk aljabar terhadap pemahaman persamaan linear satu variabel di kelas VIII SMP Negeri 16 Palembang, (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman operasi bilangan bulat dan bentuk aljabar terhadap pemahaman persamaan linear satu variabel di kelas VIII SMP Negeri 16 Palembang.
References
Bloom, B. S. (1968). Learning for Mastery (Evaluation Comment No. 1(2)). Regional Educational Laboratory for the Carolinas and Virginia.
Fardian, D., Suryadi, D., & Prabawanto, S. (2024). Students’ Learning Obstacles in Solving Mathematical Proficiency Tasks: A Hermeneutic Phenomenological Study Focused on Algebra. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 15(2), 593–618. https://doi.org/10.15294/36aygs91
Hasbi, A. Z. E., Damayanti, R., Hermina, D., & Mizani, H. (2023). Penelitian Korelasional. Al-Furqan : Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 2(6), 784-808.
Hikmah, S. N. (2021). Hubungan Kecerdasan Numerik dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 2(1), 33-39.
Ibrahim, A. H., Alang, A. H., Madi, M., Baharuddin, B., Ahmad, M. A., & Darmawati, D. (2018). Metodologi Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu.
Maulidah, S., Setyosari, P., Kuswandi, D., & Ulfa, S. (2023). The Effect of Direct Instructions Strategy Integrated Computational Thinking and Prior Knowledge on Critical Thinking and Problem solving. JTP – Jurnal Teknologi Pendidikan, 25(3), 663–677. https://doi.org/10.21009/jtp.v25i3.49845
Merrill, M. D. (2002). First Principles of Instruction. Educational Technology Research and Development, 50(3), 43–59. https://mdavidmerrill.files.wordpress.com/2019/04/firstprinciplesbymerrill.pdf
Panggabean, R. F. S. B. & Tamba, K. P. (2020). Kesulitan Belajar Matematika: Analisis Pengetahuan Awal. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 4(1), 17–30. https://doi.org/10.19166/johme.v4i1.2091.
Sundari, L. (2021). Studi Korelasional Penguasaan Bilangan Bulat dan Bentuk Aljabar Terhadap Penguasaan Perpangkatan dan Bentuk Akar dalam Mata Pelajaran Matematika di Kelas IX SMP Negeri 3 Makarti Jaya. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Palembang.
Triwijaya, I. (2019). Studi Korelasional Penguasaan Koordinat Kartesius Relasi dan Fungsi terhadap Penguasaan Persamaan Garis Lurus dalam Mata Pelajaran Matematika di Kelas IX SMP Negeri 9 Prabumulih. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Palembang.
Usman, M. R. & Kristiawati. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau dari Penguasaan Materi Prasyarat. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(1), 79–94.
Wandira, A. (2021). Studi Korelasional Penguasaan Bilangan Bulat dan Penguasaan Himpunan terhadap Penguasaan Relasi dan Fungsi dalam Mata Pelajaran Matematika di SMP Kelas VIII SMP Negeri 3 Lintang Kanan. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Palembang.
Wardhani, S. (2010). Implikasi Karakteristik Matematika dalam Pencapaian Tujuan Mata Pelajaran Matematika di SMP/MTs. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
Winget, M. & Persky, A. M. (2022). A Practical Review of Mastery Learning. American Journal of Pharmaceutical Education, 86(10), ajpe8906.
Wulansari, A. D. (2016). Aplikasi Statistika Parametrik dalam Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Felicha.






