ETNOMATEMATIKA PADA PEMBUATAN ROSTER DI KABUPATEN BANYUWANGI
DOI:
https://doi.org/10.32502/differential.v2i1.125Keywords:
etnomatematika, RosterAbstract
Etnomatematika merupakan konsep matematika yang diterapkan dalam kegiatan budaya tertentu yang berhubungan dengan kehidupan dan aktivitas sehari-hari. Konsep matematika yang berkaitan dalam budaya salah satunya yaitu Roster. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mendeskripsikan konsep-konsep matematika yang terdapat pada pembuatan Roster di kabupaten Banyuwangi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah adalah 2 orang pemilik pabrik pembuatan roster masing-masing 1 orang di daerah kecamatan Kabat dan 1 orang di daerah kecamatan Sempu serta 2 orang pekerja yang mempunyai pengalaman dalam pembuatan roster di kedua daerah tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat konsep matematika pada pembuatan Roster berupa konsep angka, konsep pola, konsep pengukuran, dan konsep geometri.
References
Astari, N. C. (2020). Etnomatematika Pada Roster Bangunan Sebagai Bahan Lembar Kerja Siswa Kelas XI SMK. Skripsi. Universitas Jember.
D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and Its Place in the History and Pedagogy Of Mathematic. For the Learning of Mathematics. 5(1), 44-48.
Fadillah, M. Y., Sunardi, Setiawan, T. B., & Astari, N. C. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Bangunan Candi Jabung di Desa Jabung Probolinggo sebagai Bahan Ajar Siswa. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(1), 83-91.
Fauzi, A. & Setiawan, H. (2020). Etnomatematika: Konsep Geometri pada Kerajinan Tradisional Sasak dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 118-128.
Hasanah, A. F., Susanto, & Trapsilasiwi, D. (2019). Etnomatematika pada Bangunan Utama Asrama Inggrisan Banyuwangi Sebagai Media Pembelajaran. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(2), 167-180.
Kencanawaty, G. & Irawan, A. (2017). Penerapan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Berbasis Budaya. Ekuivalen-Pendidikan Matematika, 27(2), 169-179.
Kholifatuzzuhro, A., Sunardi, & Monalisa, L. A. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Kerajinan Kayu di Desa Tutul Kecamatan Balung sebagai Bahan Ajar Geometri. Jurnal Kadikma, 11(1), 75-85.
Moleong, L. J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Remaja Rosdakarya.
Persada, N. G. E. (2019). Eksistensi Roster pada Bangunan Masa Kini di Bali. Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA), 2, 457-464.
Putri, L. I. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 21-31.
Ricardo, R. (2016). Peran Etnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika pada Kurikulum 2013. Literasi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 118-125.
Sadi. (2019). Analisis Perkembangan Pariwisata Berbasis Event di Kabupaten Banyuwangi. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 2(1), 1-5.
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 171-176.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Sumarto. (2018). Budaya, Pemahaman dan Penerapannya “Aspek Sistem Religi, Bahasa, Pengetahuan, Sosial, Keseninan dan Teknologi”. Jurnal Literasiologi, 1(2), 144-159.