PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH DALAM MATERI PLSV DAN PtLSV DI KELAS VII SMP

Authors

  • Arsi Mukti Universitas PGRI Banyuwangi
  • Rachmaniah Mirza Hariastuti Universitas PGRI Banyuwangi
  • Barep Yohanes Universitas PGRI Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.32502/differential.v3i2.1307

Keywords:

hasil belajar, model make a match

Abstract

Pembelajaran membutuhkan inovasi yang sesuai untuk meningkatkan kualitas hasilnya. Salah satu inovasi yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran make a match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran make a match dalam meningkatkan hasil belajar materi PLSV dan PtLSV pada siswa di kelas VII SMPN 2 Kalipuro. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan responden sebanyak 32 siswa. Data dikumpulkan melalui proses observasi, dan tes, dengan instrumen utama berupa lembar observasi dan soal tes yang sebelumnya telah melalui tahap validasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dapat melaksanakan setiap langkah-langkah pembelajaran, sedangkan keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa mencapai 92,97% yang termasuk kategori hampir seluruhnya. Nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 65,9 menjadi 88,2. Hasil tersebut menjadi dasar penolakan , dan model pembelajaran make a match dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar materi PLSV dan PtLSV pada siswa kelas VII di SMPN 2 Kalipuro. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa model make a match dapat diterapkan pada materi lain atau mata pelajaran lain.

References

Ahmad, A. H., Triana, E., & Damanik, E. S. D. (2022). Pengaruh Kelengkapan Sarana dan Prasarana Sekolah terhadap Keefektifan Proses Pembelajaran Matematika pada Materi Persamaan Garis Lurus di MTs Muallimin Univa Medan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 6761–6769. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9383.

Aliputri, D. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 70–77. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2351

Annisa, M. N. & Darmiyati. (2024). Hasil Belajar Matematika dan Motivasi Belajar Siswa serta Aktivitas Guru dalam Integrasi Model Pembelajaran Problem Based Learning, Realistic Mathematic Education dan Snowball Throwing. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 9(2), 131–143. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/article/download/5819/p%0Ad

Djamaluddin, A. & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis (A. Syaddad (ed.); 1st ed.). CV. Kaffah Learning Center. http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1639/1/Belajar Dan Pembelajaran.pdf.

Fauhah, H. & Rosy, B. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make a Match terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334

Fitroh, َR., Khabibah, َS., & Sa’adah, َN. (2023). Efektivitasَ Pembelajaranَ Matematika Materi Segiempat dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw ditinjau dari Hasil Belajar. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 16–22. https://doi.org/10.33752/cartesian.v3i1.5169

Gosachi, I. M. A., & Japa, I. G. N. (2020). Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Media Kartu Gambar Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(2), 152–163. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25260

Gustia, H., Juwita, H., & Siswanto, J. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Make a Match terhadap Hasil Belajar pada Materi Balok Kelas VIII. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(1), 19–26. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v3i1.7839

Halimah, S. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make a Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa (Skripsi tidak dipublikasikan). https://etheses.uinmataram.ac.id/1735/1/Siti Halimah 1501030424.pdf

Halizah, N. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 10 Pinrang. https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6936/1/19.1700.001.pdf

Juwana, I. D. P., Asrini, N. M. N. A., & Sudiarta, I. M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 14 Denpasar. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains (Emasains), 13(2), 108–116. https://doi.org/10.59672/emasains.v13i2.3437

Latif, A., Nasution, H. A., Desniarti, D., Aulia, U., & Tamimi, A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal on Education, 6(4), 21098–21109. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6247

Lestari, K. E. & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.); 1st ed.). PT. Refika Aditama.

Lismasari & Chantika, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa kelas VII MTs Al-Istiqomah Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti. Jurnal Online Mahasiswa (JOMPEMA), 1(2), 51–64. http://ejournal.stkipmeranti.ac.id/index.php/OJM

Mariati, M., Arjudin, A., & Tahir, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN 19 Rabangodu Utara Kota Bima Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(1), 820–825. https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2872

Masturi, V., Arjudin, & Fauzi, A. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SDN 1 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2302–2310. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2814

Rahmayanti, I. D. S. & Koeswanti, H. D. (2017). Penerapan Model Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Siswa Kelas IV SD Negeri Diwak. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(3), 209–218. https://doi.org/10.30738/.v5i3.1060

Riana, N. K. I., Tegeh, I. M., & Pudjawan, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match dengan Berbantuan Media Kartu Berpasangan terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 388–397. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27425

Rosadha, S. A., Cahyani, S. U., & Afkar, T. (2025). Penggunaan Make a Match sebagai Media Evaluasi Pembelajaran pada Materi Teks Berita di kelas XI SMKN 1 Mojokerto. Jurnal Pengembangan dan Penelitian Pendidikan, 7(1), 303–312. https://journalversa.com/s/index.php/jppp/article/view/1012

Saputro, H. B. & Khabdila, H. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Siswa Kelas IV SDN Beji. Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1162–1172. https://jcup.org/index.php/cendekia/article/download/2788/1158

Sesfaot, L., Bien, Y. I., & Alfonsa, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 454–460. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.124

Setyorini, T. (2019). Keefektifan Model Make a Match Berbantuan Flash Card terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Gugus Dewi Sartika Kabupaten Blora (Skripsi, tidak dipublikasikan). http://lib.unnes.ac.id/34499/1/1401415036_Optimized.pdf.

Simamora, A. B., Panjaitan, M. B., Manalu, A., Siagian, A, F., Simanjuntak, T, A., Silitonga, I. D. B., Siahaan, A, L., Manihuruk L. M. E., Silaban, W., & Sibarani, I. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif (L. N. Sihombing (ed.); 1st ed.). Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia. https://uhnp.ac.id/wp-content/uploads/2024/03/Model-PembelajaranKooperatif-Ebook.pdf.

Subhaktiyasa, P. G. (2024). Evaluasi Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif :َ Sebuahَ Studiَ Pustaka. Journal of Education Research, 5(4), 5599–5609. https://jer.or.id/index.php/jer/article/download/1747/1001/8593

Zahrah, Nurjannah, & Syam, N. (2021). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima di Kabupaten Pinrang. Pinisi Journal of Education, 1(2), 122–135. https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/viewFile/25906/13088.

Zain, R. F., Kesuma, S., & Muslim, Y. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di SMA Negeri 13 Medan. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(5), 3277–3289. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i5.15264

Downloads

Published

2025-12-15