ETNOMATEMATIKA PADA PROSES PANEN KOPI TRADISIONAL DESA DARUNGAN KABUPATEN JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.32502/differential.v3i2.1392Keywords:
Kata kunci : Etnomatematika, Kopi, Matematis, Jember.Abstract
Penelitian ini berfokus tentang etnomatematika dalam proses panen kopi tradisional di Jember, khususnya di Desa Darungan yang terletak di Kecamatan Tanggul, dengan penekanan pada elemen matematis yang tersembunyi di dalam strategi pemetikan buah, penentuan waktu panen, dan sistem pembagian hasil panen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap pola matematis seperti algoritma, proporsi, dan periodisitas yang secara intuitif muncul dalam praktik panen kopi, yang memiliki nilai ekonomi dan kultural. Selain meninjau literatur yang relevan, metode yang digunakan melibatkan wawancara dengan pemetik kopi tradisional sekaligus pemilik kebun yang berpengalaman. Narasumber utama dalam penelitian ini adalah bapak Aman Nashiruddin yang merupakan salah satu pemetik kopi di desa Darungan. Data penelitian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan lokal masyarakat asli mencerminkan pola optimasi jalur pemetikan, estimasi volume panen secara visual, dan konsep proporsionalitas dalam pembagian hasil. Diharapkan bahwa penelitian ini dapat mengembangkan dan menambah pengetahuan dalam bidang etnomatematika berbasis budaya lokal di Jember dan juga memperkaya bahan ajar matematika kontekstual.
References
Agustin, M. A. (2018). Aktivitas Etnomatematika Petani Kopi di Daerah Sidomulyo Jember Sebagai Bahan Ajar Lembar Proyek Siswa. Skripsi. Universitas Jember. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88312
Apriyono, F. (2021). Etnomatematika Wilayah Tapal Kuda. Sleman: Komojoyo Press.
Aurelia, W. S., Abirrania, S. L., & Hariyadi, T. (2021). Penentuan Tingkat Kematangan Biji Kopi Berdasarkan Kandungan Antosianin Ditinjau dari DAA dan Warna Kulit Buah Kopi. Proceedings of the 12th Industrial Research Workshop and National Seminar, 140-144. Politeknik Negeri Bandung.
Dwianjani, N. K. V., Astawa, I. W. P., & Sukajaya, I. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi BRSD Berorientasi Etnomatematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(2), 69-80. https://doi.org/10.23887/jppmi.v11i2.1447
Fatoni, Y. A. (2023). Pengembangan Buku Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Aktivitas Petani Kopi di Kabupaten Jember pada Materi Geometri. Tesis. Universitas Jember. https://repository.unej.ac.id
Fatoni, Y. A., Sunardi, & Yudianto, E. (2023). Ethnomathematics Exploration In Coffee Planting Activities At Durjo Jember Plantation. International Journal of Current Science Research and Review, 6(3), 2140-2152. https://doi.org/10.47191/ijcsrr/v6-i3-34
Hasbullah. (2020). Faktor Budaya dalam Pembangunan Pertanian Berkelanjutan di Kabupaten Bantaeng. Kinesik, 7(1), 20-29. https://doi.org/10.22487/ejk.v7i1.4
Khaerani, Arismunandar, & Tolla, I. (2024). The Role of Ethnomathematics In Improving The Quality of Mathematics Learning: A Literature Review. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 5(1), 20-26. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v5i1.579
Munthe, A. (2020). Pengembangan Agribisnis dan Nilai Tambah Kopi Melalui Skala Rumah Tangga Petani. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 47-54. https://doi.org/10.51622/pengabdian.v1i1.204
Putra, M. E. Y. & Pratita, D. G. (2021). Strategi Pengembangan Agribisnis Kopi Robusta Produksi KSU Ketakasi Sidomulyo Kabupaten Jember. Jurnal Manajemen Agribisnis dan Agroindustri, 1(2), 82-88. https://doi.org/10.25047/jmaa.v1i2.10
Saparuddin, A. N., Sukestiyarno, Y. L., & Junaedi, I. (2019). Etnomatematika dalam Perspektif Problematika Pembelajaran Matematika: Tantangan pada Siswa Indigenous. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 910-916. Universitas Negeri Semarang.
Tusriyanto. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Terpadu Berbasis Budaya Lokal di SD Kota Metro. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 59-72
Wardah, N. R. P., Panglipur, I. R., & Putra, E. D. (2023). Ethnomathematics of Lahbako Dance Movement in The Perspective of Mathematical Literacy of Geometry Concept. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 4(2), 144-157. https://doi.org/10.37303/jelmar.v4i2.118
Wulandari, I. G. A. P. A. & Puspadewi, K. R. (2016). Budaya dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika yang Kreatif. Jurnal Santiaji Pendidikan, 6(1), 31-37. https://www.neliti.com/publications/129201/budaya-dan-implikasinya-terhadap-pembelajaran-matematika
Yardiansyah, R., Jaman, U. B., Hermawan, F., Permana A, A., Sandi, M., Linggana, M. G., & Heliani. (2024). Membangun Strategi Pengembangan Agribisnis Kopi di Desa Gunung Keramat. Easta Journal of Innovative Community Services, 2(03), 145-152. https://doi.org/10.58812/ejincs.v2i03.250






