KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.32502/differential.v2i1.144Keywords:
berpikir kreatif matematis, PBLAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah penggunaan model Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif (Pre Experimen). Populasi dalam penelitian ini kelas VIII SMP IT Rabbi Radhiyah, dengan sampel penelitian kelas VIII-D. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi keterlaksanaan pembelajaran baik aktivitas guru maupun siswa serta pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik deskriptif dan uji statistik inferensial yaitu menggunakan uji t paired sample t-test. Adapun hasil penelitian yaitu: keterlaksanaan pembelajaran model Problem Based Learning rata-rata aktivitas guru sebesar 95,00% dengan kriteria sangat efektif dan aktivitas siswa sebesar 88,33% dengan kriteria efektif. Berdasarkan hasil analisis deskriptif hasil kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah diterapkan model Problem Based Learning, rata-rata sebesar 70,31 dengan standar deviasi 12,66. Berdasarkan hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai pretest dengan rata-rata nilai posttest.
References
Amaliyah, A., Fitroh, A., Fadilah, D. K., Amanda, N. Z., & Qodrawati, R. Y. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa pada Sekolah Dasar Karang Tengah 6. Journal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 1 (9), 1175-1184.
Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan Modul Matematika dengan Strategi Problem Solving untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (2), 121-129.
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-Based Learning: Apa dan Bagaimana. Diffraction, 3 (1), 27-35.
Assegaff, A. & Sontani, U. T. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1 (1), 38-48.
Baitinnisa, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Berpikir kreatif Siswa Kelas XI pada Materi Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Dalilan, R., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Self Confidence. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 141-150.
Darusman, R. (2014). Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP. Infinity, 3 (2), 164-173.
Darwanto. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis: (Pengertian dan Indikatornya). Eksponen, 9(2), 20-26.
Fajriah, N. & Asiskawati, E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di SMP. EDU-MAT : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 157-165.
Fauziah, R. (2016). Efektivitas Penggunaan Modul untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Boga Dasar Kelas X di SMK Negeri 1 Kalasan Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Febrianingsih, F. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 119-130.
Handari, A. F. & Santosa, B. (2022). Pengaruh Layanan Informasi dengan Teknik Modeling Simbolik terhadap Self Efficacy Karir Remaja. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2690-2702.
Kurnia, A., Sukarmin, & Sunarno, W. (2021). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Soal Tes Pilihan Ganda pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4 (1), 27-32.
Kurniasari, D. (2015). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Rasa Ingin Tahu Siswa SMP Negeri 2 Sokaraja. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Lestari, D. D., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Penerapan Model PBM untuk Meningkatkan Kinerja dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Diklabio : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 1 (1), 46-54.
Mursidik, E. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Journal Pedagogia, 4 (1), 23-33.
Safitra. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.