E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL
DOI:
https://doi.org/10.32502/differential.v2i2.238Keywords:
E-LKPD, problem based instructionAbstract
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD (Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis Problem-Based Instruction (PBI) pada materi sistem persamaan linier dua variabel untuk siswa kelas VIII yang valid, praktis dan memiliki efek potensial. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Tahap analisis melibatkan identifikasi kebutuhan pembelajaran dan karakteristik siswa. Tahap desain mencakup perancangan E-LKPD yang memadukan unsur-unsur PBI, seperti penyajian masalah nyata, pengembangan keterampilan berpikir kritis, dan kerja kelompok. Implementasi dilakukan dengan mengujicobakan E-LKPD pada sejumlah siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Abab. E-LKPD materi sistem persamaan linier dua variabel berbasis problem based instruction untuk siswa kelas VIII dinyatakan sangat valid dan mendapatkan skor sebesar 86,58%, E-LKPD dinyatakan sangat praktis dan mendapatkan skor sebesar 96,82%, dan E-LKPD dinyatakan efektif dan mendapatkan skor sebesar 79,58%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD materi sistem persamaan linier dua variabel berbasis problem based instruction untuk kelas VIII dinyatakan sangat valid, sangat praktis dan memiliki efek potensial untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Andhani, D. F., Larasati, D. A., & Andriyati, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Labschool Unesa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 7507-7512. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7419
Anggraini, D., Prayekti, N., & Yusuf, F. I. (2019). Efektivitas Penggunaan Metode Problem Based Intruction (PBI) Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(1), 35-42. https://doi.org/10.36526/tr.v3i1.397
Anisa, S., Erika, F., & Nurhadi, M. (2024). Analisis Kebutuhan Siswa untuk Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Kearifan Lokal Sebagai Pendukung Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Innovation and Technology in MBKM, 1(1), 20-25.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Vol. 53. Boston, MA: Springer US.
Dewi, T. A. (2016). Penerapan Model Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Ekonomi Pembangunan. Jurnal Promosi Program Studi Pendidikan Ekonomi, 4(1), 35-45.
Dinda, Ambarita, A., Herpratiwi, & Nurhanurawati. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis PBL untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3712-3722. doi: 10.31004/basicedu.v5i5.1439.
Handayani, S. L., Budiarti, I. G., Kusmajid, & Khairil. (2021). Problem Based Instruction Berbantuan E-Learning : Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 697-705. doi: 10.31004/basicedu.v5i2.795.
Hazrati, D. & Siregar, T. M. (2023). Pengembangan E-LKPD dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 29 Medan. Journal of Student Research, 1(2), 404-421. doi: 10.55606/jsr.v1i2.1048.
Khotimah, S. K., Yasa, A. D., & Nita, C. I. R. (2020). Pengembangan E-LKPD Matematika Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Kelas V SD. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4(1), 401-408.
Kristin, D., Septiati, E., & Sari, E. F. P. (2022). Pengembangan E-Modul pada Materi Program Linier Dua Variabel dengan Pendekatan Kontekstual di SMA Negeri 4 Palembang. Majalah Lontar, 34(1), 51-58.
Layali, N. K. & Masri. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Treffinger di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 137-144.
Maspupah, A. & Purnama, A. (2020). Analisis Kesulitan Siswa MTs Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 237-246.
Nurindah & Hidayati, N. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dalam Menyelesaikan Soal Materi SPLDV. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 24-34. doi: 10.31004/cendekia.v6i1.981.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Sahril, Idrus, A. A., & Syukur, A. (2022). Pengembangan LKPD Pencemaran Lingkungan berbasis PBI (Problem Based Instruction) untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Berpikir Kritis Siswa SMP/MTs di Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2379-2393.
Saputri, Y. & Wardani, K. W. (2021). Meta Analisis: Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 935-948. doi: 10.31004/cendekia.v5i2.577.
Sariani, L. D. & Suarjana, I. M. (2022). Upaya Meningkatkan Belajar Matematika Melalui E-LKPD Interaktif Muatan Matematika Materi Simetri Lipat dan Simetri Putar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 164-173. doi: 10.23887/jjpgsd.v10i1.46561.
Sirait, H. E., Thesalonika, E. & Sihombing, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk Membangun Karakter Siswa pada Subtema 2 Kewajiban dan Hakku di Sekolah di Kelas III SD Negeri 091626 Bandar Maratur T.A 2021/2022. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 171-181. https://doi.org/10.35335/cendikia.v13i1.2987
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Wirawan, D. O., Ermiana, I., & Fauzi, A. (2023). E-LKPD Berbasis HOTS Materi Pecahan Berbantu Liveworksheets Berorientasi pada Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2011-2021. doi: 10.31949/educatio.v9i4.5998.
Yunitasari, H. U. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) IPA Terpadu Berpendekatan SETS dengan Tema Pemanasan Global untuk Siswa SMP. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.