PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DIFERENSIASI DAN PEMBELAJARAN BIASA

Authors

  • Sinta Simanjuntak Universitas Katolik Santo Thomas
  • Israil Sitepu Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.32502/differential.v2i2.270

Keywords:

pembelajaran berdifferensiasi, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran diferensiasi dan pembelajaran biasa matematika SMP. Penelitian ini dilakukan di SMP Katolik Budi murni 2 Medan tahun ajaran 2023-2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah question experiment dengan desain penelitian Pretest-Posttes Control Group Design. Melalui teknik random sampling diperoleh kontrol yang terpilih adalah kelas IX-6, dan kelas eksperimen adalah kelas IX-3. Data dikumpulkan melalui angket dan tes tertulis. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Ditambah juga analisis deksriptif untuk menggambarkan gaya belajar, minat belajar dan kesiapan belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara strategi pembelajaran diferensiasi dengan strategi pembelajaran biasa. Penggunaan strategi pembelajaran diferensiasi lebih baik diterapkan dalam pembelajaran matematika karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berkaitan dengan hal ini guru, sangat penting untuk memiliki kemampuan memilih strategi pembelajaran yang sesuai untuk mengajar di kelas. Karena pilihan strategi pembelajaran yang tepat merupakan faktor utama dalam mencapai kesuksesan dalam hasil belajar siswa.

References

Andini, D. W. (2016). Differentiated Instruction: Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman Siswa di Kelas Inklusif. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(3), 340-349. https://doi.org/10.30738/trihayu.v2i3.725.

Anisa, R. N. & Ambarwati, L. (2020). Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Bermain. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar.

Ditasona, C. (2017). Penerapan Pendekatan Differentiated Instruction dalam Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA. Jurnal EduMatSains, 2(1), 43-54.

Dumont, H., Istance, D., & Benavides, F. (2010). The Nature of Learning: Using Research to Inspire Practice. OECD Publishing.

Globio, E. (2024). A Meta-Analysis and Systematic Review of the Impact of Differentiated Instruction on Student Achievement in Mathematics. Available at SSRN: https://ssrn.com/abstract=4897167 or http://dx.doi.org/10.2139/ssrn.4897167

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 tentang Kriteria Isi dan Penilaian Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 97-125.

Lailiyah, E. (2016). Pendekatan Differentiated Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 55-64.

Schunk, D. H. & Zimmerman, B. J. (2012). Motivation and Self-Regulated Learning: Theory, Research, and Applications. New York: Routledge.

Siburian, R., Simanjuntak, S. D., & Simorangkir, F. M. (2022). Effectiveness of Online Differentiated Instruction in Term of Students’ Mathematical Problem Solving Ability. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 9(1). https://doi.org//doi.org/10.21831/jrpm.v9i1.44439.

Simanjuntak, S. D., Tinambunan, R., Imelda, I., Sembiring, R. K., & Sitepu, I. (2023). Effectiveness of Differentiation Learning Strategies in Mathematics Learning at Junior High School. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 247-258. https://doi.org/10.51276/edu.v4i1.310.

Simanjuntak, S. S. & Listiani, T. (2020). Penerapan Differentiated Instruction dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas 2 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(2), 134-141. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p134-141.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6(1), 35-43.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supit, D., Melianti, Lasut, E. M. M., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 5(3), 6994-7003.

Downloads

Published

2024-12-30