PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Agus Syaukani UIN Antasari Banjarmasin
  • Jati Sastra Winata UIN Antasari Banjarmasin
  • Regita Widya Apriza UIN Antasari Banjarmasin
  • Muh. Fajaruddin Atsnan UIN Antasari Banjarmasin
  • Rahmita Yuliana Gazali Universitas PGRI Kalimantan

DOI:

https://doi.org/10.32502/differential.v2i2.279

Keywords:

pembelajaran berbasis AI, motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif untuk melihat motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan bantuan teknologi AI (artificial intelligence). Metode pengumpulan data meliputi wawancara, angket, dan dokumentasi. Objek penelitian ini terfokus pada motivasi belajar matematika oleh peserta didik dengan memanfaatkan teknologi AI. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di sekolah MAN 1 Banjarmasin. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil angket menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi AI dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, dengan mendapatkan skor signifikan dari 5 responden siswa. Wawancara dengan 3 siswa juga mendukung dampak positif AI dalam pembelajaran matematika, meningkatkan pemahaman dan kerajinan dalam memecahkan masalah. Pada wawancara terdapat 2 dari 3 siswa menunjukkan bahwa dengan memanfaatkan teknologi AI dapat meningkatkan motivasi belajar matematika. Namun 1 dari 3 siswa menunjukkan kurang meminati dalam pemanfaatan teknologi AI pada pembelajaran matematika karena ekspektasi siswa yang tidak realistis dan kesalahpahaman dalam sistem AI.

References

Abimanto, D. & Mahendro, I. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknologi AI dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 256-266.

Artanti, Y., Nuryadi, & Marhaeni, N. H. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika pada Materi Teorema Pythagoras Menggunakan Aplikasi Tepytha. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(1), 25-38.

Auna, H. S. A. & Hamzah, N. (2024.). Studi Perspektif Siswa Terhadap Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Penerapan ChatGPT. HINEF, 3(1), 13-25. 2024.

Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611-1622. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824

Diantama, S. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) dalam Dunia Pendidikan. DEWANTECH Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 8-14.

Fredlina, K. Q., Putri, G. A. M. A., & Astawa, N. L. P. N. S. P. (2021). Penggunaan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Matematika di Era New Normal. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(1), 79-84. https://doi.org/10.22437/jkam.v5i1.13808

Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura: Journal of Mathematics Education, 2(2): 59-69.

Mambu, J. G. Z., Pitra, D. H., Ilmi, A. R. M., Nugroho, W., Leuwol, N. V., & Saputra, A. M. A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital. Journal on Education, 6(1), 2689-2698.

Naila, I., Atmoko, A., Dewi, R. S. I., Kusumajanti, W. (2023). Pengaruh Artificial Intelligence Tools terhadap Motivasi Belajar Siswa Ditinjau dari Teori Rogers. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 150-159.

Nasrah & Muafiah, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 207-213.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi pada Kuesioner Online. Jurnal Sains dan Informatika, 5(2), 128-137.

Said, M. S. (2021). Kurangnya Motivasi Belajar Matematika Selama Pembelajaran Daring di MAN 2 Kebumen. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 7-11.

Setiawan, J., Sari, N. D., & Istiyawati, Y. (2024). Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Matematika untuk Siswa di SMP Insan Rabbany. Aspirasi: Publikasi Hasil Pengabdian dan Kegiatan Masyarakat, 2(4), 114-127.

Sidiq, U. & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: Nata Karya.

Sinaga, M. (2024). Peran dan Tantangan Penggunaan AI (Artificial Intelligence) Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, 2(1), 115-121.

Tiya, K., Kadir, & Hasminah. (2012). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Melalui Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 149-158.

Downloads

Published

2025-01-03