EKSPLORASI KONSEP ROTASI GEOMETRIS PADA MOTIF BATIK LABAKO JEMBER

Authors

  • Dwi Noviani Susilawati Universitas PGRI Argopuro
  • Yusuf Saputra Universitas PGRI Argopuro
  • Nur Hidayatin Universitas PGRI Argopuro

DOI:

https://doi.org/10.32502/differential.v2i2.424

Keywords:

rotasi, etnomatematika, Batik Labako, Jember

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian etnomatematika yang dilakukan pada motif Batik Labako Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis konsep rotasi sebagai salah satu bentuk transformasi geometris yang ada pada motif Batik Labako Jember. Penelitian ini menggunakan 2 Batik Labako Jember yang berasal dari 2 tempat produksi yang berbeda, yaitu UD Bintang Timur dan Rumah Batik Rolla. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis kualitatif yang disajikan dengan bentuk uraian gagasan utuh dari hasil wawancara, pengamatan dan visualisasi konsep rotasi geometris yang ada pada motif Batik Labako Jember. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara secara langsung terhadap perajin batik dan observasi pada motif Batik Labako. Penelitian ini menemukan adanya 3 motif objek gambar dari kedua Batik Labako Jember yang menerapkan konsep rotasi dalam pembuatan motifnya. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan dalam penelitian lanjutan dan juga sebagai inspirasi maupun ide dalam membuat penelitian maupun bahan ajar oleh guru.

 

References

Aden, C. (2011). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik Melalui Model Think-Pair-Share Berbantuan Geometer's Sketchpad (Online). Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia. Retrieved from https://repository.upi.edu/9196/

Arwanto. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Batik Trusmi Cirebon untuk Mengungkap Nilai Filosofi dan Konsep Matematis. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 40-49. doi:https://doi.org/10.21580/phen.2017.7.1.1493

Bella, K. O. (2017). Peranan Perpustakaan dan Museum Tembakau dalam Pelestarian Kebudayaan Kota Jember. Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 1(1), 42-57.

Bustan, A. W., Salmin, M., & Talib, T. (2021). Eksplorasi Etnomatematika terhadap Transformasi Geometri pada Batik Malefo. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 87-94. doi:https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss2pp87-94

Fani, M. Q. (2024). Analisis Proses Penciptaan Motif Batik Labako di Rumah Industri Batik Tulis UD. Bintang Timur Kabupaten Jember. Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Fauzi, I. & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri di Sekolah Dasar. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif - Inovatif, 11(1), 27-35. doi:http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726

Febriyanti, C., Kencanawaty, G., & Irawan, A. (2019). Etnomatematika Permainan Kelereng. MaPan, 7(1), 32-40.

Gulo, W. (2000). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Grasindo.

Hanafi, M., Wulandari, K. N., Wulansari, R. (2017). Transformasi Geometri Rotasi Berbantuan Software Geogebra. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(2), 93-102.

Lutfiyah & Sulisawati, D. N. (2019). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Berbasis E-Learning. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 2(1), 58-65. doi:https://doi.org/10.31539/judika.v2i1.716

Nayoan, S. J. & Mandey, J. C. (2011). Transformasi Sebagai Strategi Desain. Media Matrasain, 8(2), 117-130.

Nur'aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis dengan GeoGebra. Matematika : Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 16(2), 1-6.

Pertiwi, R. D. & Siswono, T. Y. E. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Transformasi Geometri Ditinjau dari Gender. JPPMS: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 5(1), 26-36.

Rahmi, A., Armiati, & Syarifuddin, H. (2018). Mathematics Learning Media Development of Based Computer on Translation Context in Senior High School. Proceeding International Conferences on Educational, Social Sciences and Technology. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Ricks, T. E. (2009). Mathematics is Motivating. The Mathematics Education, 19(2), 2-9.

Risnawati. (2012). Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Induktif-Deduktif Berbantuan Program Cabri Geometry terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Salma, I. R., Wibowo, A. A., & Satria, Y. (2015). Kopi dan Kakao dalam Kreasi Motif Batik Khas Jember. Dinamika Kerajinan dan Batik, 32(2), 63-72.

Saputra, A. (2021). Batik Labako, Batik Tulis Khas Jember dari Desa Sumberpakem. Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia: Tadatodays (Garda Junalisme dari Tapal Kuda). Retrieved from https://tadatodays.com/detail/batik-labako-batik-tulis-khas-jember-dari-desa-sumberpakem

Septiani, M., Abidin, Z., & Permata. (2021). Pengenalan Pola Batik Lampung Menggunakan Metode Principal Component Analysis. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(4), 552-558.

Soebagyo, J., Andriono, R., Razfy, M., & Arjun, M. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 184-190.

Sulisawati, D. N., Amalia. D., & Djamali, M. F. (2021). Eksplorasi Konsep Dilatasi Etnomatematika pada Batik Tembakau Jember. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 4(1), 56-64. doi:https://doi.org/10.33503/prismatika.v4i1.1441

Wulandari, A. (2022). Batik Nusantara: Makna Filosofis, Cara Pembuatan, dan Industri Batik. Penerbit Andi.

Downloads

Published

2025-01-09