KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PADA MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DAN MIND MAPPING

Authors

  • Haniyah Raihani Farras Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Masri Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Adi Asmara Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ristontowi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.32502/differential.v3i1.555

Keywords:

berpikir kreatif, mind mapping, quantum teaching

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, Mind Mapping, dan Quantum Teaching di SMP Negeri 2 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan tiga kelas sampel: kelas VII E (Quantum Teaching), VII D (Mind Mapping), dan VII B (konvensional). Data dikumpulkan melalui post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan berpikir kreatif matematika siswa berdasarkan model pembelajaran yang digunakan. Siswa pada kelas Quantum Teaching menunjukkan hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan dua kelas lainnya. Hasil uji statistik menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,23462 dan 0,43, serta t-hitung 33,737988 yang lebih besar dari t-tabel 3,10. Temuan ini menunjukkan bahwa Quantum Teaching lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam belajar matematika.

Kata kunci : mind mapping, quantum teaching, konvensional

References

Asmara, A. & Septiana, A. (2023). Model Pembelajaran Berkonteks Masalah. Pasaman Barat, Sumatra Barat: CV. Azka Pustaka.

Asnimar. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 1(1), 1–6.

Chandra, F. E. & Rahman, S. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Quantum Teaching Berbasis Web Materi Geometri Transformasi. Delta-Pi: Jurnal Matematika & Pendidikan Matematika, 10(1), 75–88.

DePorter, B. R. (2018). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Jupri, R., Zakaria, P., Majid, Resmawan, & Isa, D. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Operasi Himpunan. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 10(2), 274-281.

Kholidah, F. A. & Sumardi. (2017). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 5(2), 85–92. https://jurnal.uns.ac.id/jupitek/article/view/xxxx

Mustakim, A., Wawan, Choirudin, Ngaliyah, J., & Darmayanti, R. (2023). Quantum Teaching Model: Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa MTs. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 06–10.

Nursalam, M., Firiana, E. H., & Jusmawati. (2021). Efektifitas Model Quantum TeachingTerhadap Pembelajaran Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 506-516.

Pertiwi, N. P. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Metode Mind Mapping. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(2), 138-143.

Purba, T. N. (2021). Implementasi Metode Quantum Teaching terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMP. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 45–54.

Rusni, N. & Yurnalis. (2020). Penerapan Model Quantum Teaching Disertai Teka-teki Matematika pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP. Inovasi Pendidikan: Jurnal Pendidikan, 7(2), 95-101.

Saidah, I., Dwijanto, & Iwan, J. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 1042-1045.

Siswanto, R. D. & Awalludin, S. A. (2018). Pengaruh Pembelajaran dengan Menggunakan Mind Map terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika UHAMKA, 1, 277–288.

Susanto, G. A. S. A., Faradita, M. N., & Naila, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V MI. Journal on Education, 5(2), 3765-3772.

Wijayanti, S. R., Wahyudi, & Chamdani, M. (2021). Penerapan Model Quantum Teaching dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan pada Siswa Kelas V SD Negeri Singoyudan Tahun Ajaran 2020/2021. Kalam Cendekia, 9(3), 760–765.

Yanti, N. M., Sudia, M., & La Arapu. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Konawe Selatan. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(3), 71-84.

Downloads

Published

2025-06-16