PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME ONLINE KAHOOT! TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.32502/differential.v3i1.598Keywords:
Media Pembelajaran, Game Online, Kahoot!, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, media yang digunakan dalam pendidikan menjadi lebih bervariasi. Platform pembelajaran berbasis game online Kahoot! adalah salah satu contohnya. Kahoot! adalah platform pembelajaran berbasis game online yang menggunakan survei, kuis, dan diskusi interaktif untuk memberikan pengalaman belajar yang menarik. Matematika adalah salah satu mata pelajaram yang dapat menggunakan platform pembelajaran berbasis game online Kahoot! Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan Kahoot!, sebuah platform pembelajaran daring berbasis permainan, mempengaruhi hasil belajar matematika. Metodologi kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini memiliki dua kelompok sampel. Penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran matematika di kelas VIII, bab Pythagoras, di SMP Daarut Tazkiyah di Cirebon. Menurut analisis temuan penelitian, penggunaan media pembelajaran berbasis permainan daring Kahoot! memiliki dampak yang menguntungkan pada hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Kahoot sebagai media pembelajaran memiliki kontribusi pengaruh sebesar 70,4% terhadap hasil belajar siswa. Model persamaan regresi Y = 11,713 + 0,752 X menunjukkan bahwa kinerja siswa saat menggunakan Kahoot! sebagai media pembelajaran berbanding lurus dengan prestasi akademis mereka.
Kata kunci : media pembelajaran, game, Kahoot!References
Anviani, R. & Pujiriyanto. (2022). Penggunaan Aplikasi Kahoot! Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal EPISTEMA, 3(1), 1-9.
Azka, M., Sudarmanto, A., & Yusufiyah H.K.N. (2020). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Gerak Lurus. Physics Education Research Journal, 2 (1), 9-18.
Damayanti, N.A. & Dewi, R.M. (2021). Pengembangan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Peserta didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (4), 1647-1659.
Egita, E., Prihatiningtyas, N.C., & Marhayani. (2025). Pengaruh Media Couple Card Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD. EDUPROXIMA, 7(2), 898-905.
Halimatussakdiah, Zaki Ahmad, & Syarifah. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Permainan (Digital Game Bassed Learning) Menggunakan Aplikasi Kahoot. JMI: Jurnal Millia Islamia, 2(1), 252-265.
Hendra, Afriyadi, H., Tanwir, Hayati, N., Supardi, Laila, S. N., Prakasa, Y. F., Hasibuan, R. P. A., & Asyhar, A. D. A. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik). Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.
Hermawati, M. & Solihin, A.K. (2023). Pemanfaatan Media Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Peserta Didik. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, 6(2), 158-166.
Hidayat, I., Supriani, A., Setiawan, A., & Lubis, A. (2023). Implementasi Aplikasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif dengan Siswa SMP Negeri 1 Kunto Darussalam. Journal on Education, 6(1), 6933-6942.
Irwan, Luthfi, Z. F., Waldi, A. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(1), 95-104.
Muzayanati, Maemonah, & Puspitasari, P. (2022). Efektivitas Aplikasi Game Kahoot dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Matematika di Sekolah Dasar. Primary Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 161-173.
Pellas, N. (2024). Effects of Kahoot! on K-12 Students’ Mathematics Achievement and Multi-Screen Addiction. Multimodal Technol. Interact, 8(9), 1-21.
Permansah, S. & Murwaningsih, T. (2018). Media Pembelajaran Digital: Kajian Literatur Tentang Dampak Penggunaan Media Pembelajaran Digital di SMK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Administrasi Perkantoran (SNPAP), 72-76.
Putri, A. R., & Muzakki, M. A. (2019). Implemetasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Universitas Muria Kudus, 1-7.
Sakdah, M. S., Prastowo, A., & Anas, N. (2021). Implementasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Based Learning Terhadap Hasil Belajar dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 487-497.
Setyosari, P. & Sihkabuden. (2005). Media Pembelajaran. Malang: Elang Mas.
Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (28th ed.). Bandung: Alfabeta.
Sukiyanto, et al. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Matematika Berbasis Game Edukasi Kahoot Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 10(1), 21-26.