KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATERI SUDUT KELAS III SD MUHAMMADIYAH 20 PALEMBANG

Authors

  • Fadillah Azahra Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Helsi Parlinda Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Nurhalizah Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Rita Zairah Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Syutaridho

DOI:

https://doi.org/10.32502/differential.v3i1.709

Keywords:

kesulitan belajar, materi sudut

Abstract

Siswa di tingkat sekolah dasar sering mengalami kesulitan dalam mempelajari materi sudut matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan yang dihadapi siswa saat belajar materi sudut, serta faktor-faktor yang berkontribusi pada kesulitan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Studi ini melibatkan orang tua dan siswa kelas III SD Muhammadiyah 20 Palembang. Untuk mengumpulkan data, digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Digunakan model Miles dan Huberman untuk menganalisis data, yang mencakup pengurangan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis. kesulitan belajar yang dialami siswa terdiri dari kesulitan membaca dan memahami soal, kesulitan transformatif dan memproses, dan kesulitan menuliskan jawaban akhir. Ketiga. masalah ini berbeda dalam cara siswa menjawab pertanyaan guru di kelas. Namun, ada dua jenis faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa faktor internal, seperti motivasi, minat, dan rasa percaya diri; dan faktor eksternal, seperti keluarga dan lingkungan sekolah.

References

Amallia, N. & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Attadib Journal of Elementary Education, 3(2), 123-133. https://jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/414

Annur, M. F. & Hermansyah, H. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 195-201.

Aslam, S., Saleem, A., Hali, A. U., & Zhang, B. H. (2021). Promoting Sustainable Development in School Classrooms: Using Reciprocal Teaching in Mathematics Education. TEM Journal, 10(1), 392-400. https://doi.org/10.18421/TEM101-49

Fauzy, A. & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551-561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514

Humairah, H. (2021). An Analysis of Mathematical Reasoning Ability in Problem Solving Word Problem Based on Gender at Universitas Muhammadiyah Lamongan. Jurnal Tunas Pendidikan, 3(2), 12-20. https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pgsd/article/view/444

Indramawan, A. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Keluarga Bagi Perkembangan Kepribadian Anak. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 1(1), 109-119. https://doi.org/10.53429/j-kis.v1i1.122

Indrawati, F. (2019). Hambatan dalam Pembelajaran Matematika. Simposium Nasional Ilmiah (Simponi), 62-69. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.293

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. In PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 588-595). journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma

Lorenza, D., Fuadiah, N. F., & Surmilasari, N. (2023). Learning Obstacle Materi Pengukuran Sudut Siswa Kelas IV di SD Negeri 32 Palembang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 12(1), 166-178. https://doi.org/10.25273/jipm.v12i1.17299

Mansur, R. (2018). Belajar Jalan Perubahan Menuju Kemajuan. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 3(1), 145-158.

Maryani, I., Fatmawati, L., Erviana, V. Y., Wangid, M. N., & Mustadi, A. (2018). Model Intervensi Gangguan Kesulitan Belajar. Yogyakarta: K-Media.

Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru (Terjemah: Rohendi Rohidi & Mulyarto, Penerj.). Jakarta: UI-Press.

Ndolu, M., Dominikus, W. S., & Nurhabibah, S. (2022). Analisis Faktor-faktor Penghambat Guru dalam Pembelajaran Matematika di SD Inpres Oebufu, Kota Kupang. Journal of Character and Elementary Education, 1(1), 39-47. https://doi.org/10.35508/jocee.v1i1.9400

Priatna, N. & Yuliardi, R. (2018). Pembelajaran Matematika: Untuk Guru SD dan Calon Guru SD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sanusi, U. & Suryadi, R. A. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.

Umar, M. (2015). Peranan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20–28. https://doi.org/10.22373/je.v1i1.315

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78.

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534-540. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311

Yana, O. A. D., Ariyanto, P., & Huda, C. (2022). Analisis penguatan dimensi kreatif profil pelajar Pancasila pada fase B di SD Negeri 02 Kebondalem. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 12861–12866. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10636

Downloads

Published

2025-10-10