PENALARAN ANALOGI SISWA DENGAN GAYA BELAJAR ACCOMMODATOR PADA MATERI APLIKASI TURUNAN
DOI:
https://doi.org/10.32502/differential.v3i2.871Keywords:
gaya belajar accommodator, penalaran analogiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran analogi siswa dengan gaya belajar accommodator pada materi aplikasi turunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Subjek penelitian adalah dua siswa MAN Kota Blitar yang memiliki gaya belajar accommodator yang dipilih dari hasil angket gaya belajar Kolb. Data dikumpulkan melalui angket, tes penalaran analogi pada soal aplikasi turunan, dan wawancara. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan triangulasi untuk menguji keabsahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa accommodator menunjukkan pola penalaran analogi yang praktis dan berorientasi pada pemecahan masalah. Siswa accommodator memenuhi indikator penalaran analogi dengan baik tetapi membutuhkan bimbingan dalam menjelaskan hubungan antar masalah.
References
Agusantia, D., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Penalaran Analogi Matematis di Indonesia: Systematic Literature Review. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 222–231. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6436
Amrulloh, M. F. F., Shidik, M. A., & Handayani, R. (2024). Analisis Gaya Belajar David Kolb (Diverger, Assimilator, Converger, Accommodator) pada Calon Guru Biologi dan Matematika. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(4), 635–644. https://doi.org/https://10.22437/biodik.v10i4.37451
Handayani, E., & Ratnaningsih, N. (2019). Kemampuan Penalaran Matematik Peserta Didik Ditinjau dari Gaya Belajar Kolb. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, Universitas Siliwangi, 161–167.
Hasbiansyah, O. (2008). Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu sosial dan Komunikasi. Mediator, 9(1), 163–180.
Kolb, A. Y., & Kolb, D. A. (2005). The Kolb Learning Style Inventory—Version 3.1: 2005 Technical Specifications. Hay Group, Boston, MA.
Kolb, D. A. (1984). Experiential learning : Experience as the Source of Learning and Development (1st ed.). Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.
Kolb, D. A. (2015). Experiential Leraning-Experience as the Source of Learning and Development (2nd ed.). New Jersey: Pearson Education, Inc.
Loc, N. P., & Uyen, B. P. (2014). Using Analogy in Teaching Mathematics: An Investigation of Mathematics Education Students in School of Education- Can Tho University. International Journal of Education and Research., 2(7), 91–98.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru (T. R. Rohidi, Penerj.). UI Press.
Mu’achiroh, S. (2018). Profil Penalaran Analogi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Learning Style Inventory David A Kolb. Skripsi UIN Sunan Ampel.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematic. National Council of Teachers of Mathematics.
Pratama, B. E. & Abdussakir. (2024). Profil Penalaran Analogi Siswa dalam Memecahkan Masalah Trigonometri Ditinjau dari Adversity Quotient. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 123–145.
Putri, D. F. P., & Masriyah. (2022). Profil Penalaran Analogi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. MATHEdunesa, 11(1), 134–144. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n1.p134-144
Rokhima, W. A., Kusmayadi, T. A., & Fitriana, L. (2019). Mathematical Problem Solving Based on Kolb’s Learning Style. Journal of Physics: Conference Series, 1306(1), 012026. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1306/1/012026
Sakinah, M., & Hakim, D. L. (2023). Profil Kemampuan Penalaran Analogi Matematis Siswa SMA pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(2), 813–828. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.15909
Siswono, T. Y. E., & Suwidiyanti. (2009). Proses Berpikir Analogi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Universitas Jember, 696–710.
Slavin, R. E. (2018). Educational Psychology: Theory and Practice (12th ed.). Pearson Education.
Sternberg, R. J. (1977). Intelligence, Information Processing, and Analogical Reasoning: The Componential Analysis of Human Abilities. Hillsdale, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.
Suryabrata, S. (2011). Psikologi Pendidikan. RajaGrafindo Persada.
Van de Walle, J. A., Karp, K. S., & Bay-Williams, J. M. (2016). Elementary and Middle School Mathematics: Teaching Developmentally (9th ed.). Pearson Education.
Wilson, D. K. (1986). An Investigation of the Properties of Kolb ’s Learning Style Inventory. Leadership & Organization Development Journal, 7(3), 3–15. https://doi.org/10.1108/eb053597






