PENERAPAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS-PROJECT BASED LEARNING (STEM-PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32502/differential.v1i1.91Keywords:
PjBL, STEM, trigonometri, berpikir kreatifAbstract
Pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan STEM selaras dengan pembelajaran abad 21 karena bersifat kontekstual, sehingga dapat memberdayakan kemampuan siswa untuk mengembangkan bakat dan kemampuan yang mereka miliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan STEM (STEM-PjBL) pada materi trigonometri dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika pada materi trigonometri, menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan STEM (STEM-PjBL) pada siswa kelas X IPS 4 MAN 1 Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan terhadap sampel 35 siswa dengan teknik pengumpulan data berupa tes. Berdasarkan hasil perhitungan perbandingan rata-rata nilai kemampuan berpikir kreatif pada posttest diperoleh hasil sebesar 81,33 lebih besar daripada hasil pretest 32,00. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dilakukan perhitungan menggunakan uji N-Gain. Pada kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh hasil perhitungan rata-rata uji N-Gain sebesar 0,72 dan termasuk kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi trigonometri sesudah diterapkan model pembelajaran STEM-PjBL.
References
Agustina, D., Mugara, R., & Rohmalina. (2020). Pembelajaran STEAM pada Pembuatan Instalasi Penjernihan Air Menggunakan Botol Plastik Air Mineral untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(4), 323-328.
Ahmad, D. N., Astriani, M. M., & Alfahnum, M. (2020). Analisis mengukur kemampuan berpikir kritis melalui pembelajaran menggunakan metode STEAM-PjBL. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1), 331-336.
Asri, Nur. (2020). Penerapan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) Berbasis STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.
Astuti, I. D., Toto, & Yulisma, L. (2019). Model Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Aktivitas Belajar Siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 11(2), 93-98.
Bell, Stephanie. (2010). Project-Based Learning for The 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39-43.
Budiyono, A., Husna, H., & Wildani, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model PBL Terintegrasi STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau dari Pemahaman Konsep Siswa. Edusains, 12(2), 166-176.
Busnawir. (2018). Pengukuran Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika: Tinjauan Melalui Pembelajaran Berbasis Problem Solving dan Gaya Belajar. Penerbit Adab.
Efstratia, Douladeli. (2014). Experiential Education Through Project Based Learning. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 152, 1256-1260.
Ismayani, Ani. (2016). Perbandingan Kemampuan Komunikasi dan Kreativitas Matematis Siswa SMK antara Siswa yang Belajar Menggunakan Project Based Learning melalui Pendekatan STEM Education dan Siswa yang Belajar Menggunakan Project-Based Learning melalui Pendekatan Handson Activity. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Jatisunda, M. G. & Nahdi, D. S. (2019). Kesulitan Siswa dalam Memahami Konsep Trigonometri Dilihat dari Learning Obstacles. Jurnal Didactical Mathematics, 2(1), 9-16.
Kosasih, B. D. & Jaelani, A. (2020). Desain Pembelajaran Matematika Berbasis STEAM dalam Menunjang Kompetensi Siswa Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 102-107.
Noviyana, Hesti. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. e-DuMath: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).
Octaviyani, I., Kusumah, Y. S., & Hasanah, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Project-based Learning dengan Pendekatan STEM. Journal on Mathematics Education Research, 1(1), 10-14.
Salma, Fathimah. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) Terhadap Berpikir Kreatif Siswa Kelas X pada Materi Plantae. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Wahyuningsih, S., Nurjanah, N. E., Rasmani, U. E. E., Hafidah, R., Pudyaningtyas, A. R., & Syamsuddin, M. M. (2020). STEAM Learning in Early Childhood Education: A Literature Review. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 4(1), 33-44.
Zubaidah, Siti. (2019). Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21 Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 1-19.