KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF

Authors

  • Susanti Susanti Universitas Negeri Gorontalo
  • Sarson W.Dj. Pomalato Universitas Negeri Gorontalo
  • Resmawan Resmawan Universitas Negeri Gorontalo
  • Evi Hulukati Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.32502/differential.v1i1.92

Keywords:

berpikir kritis, multimedia interaktif, segitiga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam menggunakan multimedia interaktif pada materi segitiga di kelas IV SDN 12 Bukal. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah kelas IV berjumlah 16 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes berbentuk uraian yang telah melalui tahap uji validasi. Untuk mengukur kemampuan siswa dalam berpikir kritis digunakan 4 indikator yaitu : 1) Identifikasi masalah, 2) Analisis, 3) Memecahkan masalah, dan 4) Menarik simpulan. Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa di kelas IV SDN 12 Bukal setelah mengikuti proses pembelajaran yang menggunakan multimedia interaktif tergolong pada kategori sedang dan capaian persentase 66,00%. Selanjutnya untuk hasil setiap indikator juga tergolong pada kategori sedang karena mencapai persentase masing-masing identifikasi masalah 72,92%, analisis 64,58%, memecahkan masalah 63,89%, dan menarik kesimpulan 60,94%.

Downloads

Published

2024-03-04