HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA KELAS VII SMP NAHDLATUL ULAMA PALEMBANG PADA PENDEKATAN PROBLEM POSING

Authors

  • Kurotul Afnah UIN Raden Fatah Palembang
  • Sujinal Arifin UIN Raden Fatah Palembang
  • Syutaridho Syutaridho UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.32502/differential.v1i1.98

Keywords:

problem posing, hasil belajar, respon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan problem posing terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Nahdlatul Ulama Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah true-experimental design dengan posttest-only control group. Penelitian dilakukan di SMP Nahdlatul Ulama Palembang dengan populasi seluruh kelas VII. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan cluster random sampling, sehingga didapat kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar dan angket respon siswa untuk kelas eksperimen, sedangkan tes hasil belajar untuk kelas kontrol. Analisis data yang diperoleh dari data tes hasil belajar untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t sedangkan analisis terhadap respon siswa dilakukan melalui analisis kriteria skor rata-rata. Dari hasil analisis data tes hasil belajar dan angket respon siswa terhadap pendekatan problem posing dinyatakan bahwa bahwa terdapat pengaruh pendekatan problem posing terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Nahdatul Ulama Palembang, dan respon siswa sangat positif.

References

Asriani, Ardita Agung. (2017). Pengaruh Pendekatan Problem Posing Type Within Solution Berbasis Konteks Islami Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Aulia, Nurhuda. (2017). Pengaruh Pendekatan Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing dan Post Solution Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Darmati, Euis Tati. (2001). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Melalui Pendekatan Problem Posing Pada Pembelajaran Matematika. Pelangi Pendidikan Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional, 4(1).

Djamarah & Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Hasbullah. (2009). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Herawati, O. D. P., Siroj, R. & Basir, M. D. (2010). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 70-80.

Mudyahardjo, Redja. (2006). Pengantar Pendidikan : Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group.

Saragih. (2006). “Tidak sedikit siswa memandang matematika sebagai mata pelajaran yang membosankan, menyeramkan bahkan menakutkan”.

Setyawati, R. D. & Handayanto, A. (2011). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Trigonometri Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing Secara Berkelompok Berbasis Karakter Bangsa. Aksioma : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2).

Sholihah, A. D. & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175-185.

Siagian, Muhammad Daut. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58-67.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Sukardi. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan ; Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.

Thobroni, Muhammad. (2013). Belajar dan Pembelajaran : Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Ar-Ruzz Media.

Yuhasriati. (2008). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pembelajaran Problem Posing dalam Upaya Mengatasi Kesulitan Siswa Belajar Matematika di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Laporan penelitian. Lembaga Penelitian Universitas Syiah Kuala.

Downloads

Published

2024-03-04